Menulis

5 Cara Menulis Buku Tentang Kisah Hidup

Cara Menulis Buku Tentang Kisah Hidup – Kepengen sih nulis buku, tapi enaknya nulis buku tentang apa ya? Biasanya sih ide buat...

Written by Fitria dan Nanda · 1 min read >
Cara Menulis buku tentang kisah hidup

Cara Menulis Buku Tentang Kisah Hidup – Kepengen sih nulis buku, tapi enaknya nulis buku tentang apa ya?

Biasanya sih ide buat nulis buku susah-susah gampang dicari (eh susahnya dua kali :-D)

Tapi kali ini, Kamu bisa nyoba buat nulis buku tentang kehidupan, bisa kehidupanmu atau kehidupan orang lain, tentunya yang bernilai dan layak untuk dijadikan pelajaran untuk orang lain.

Terus gimana dong caranya buat nulis buku seperti itu?

Bisa deh kamu coba ikuti langkah-langkah menulis buku tentang kisah hidup di bawah ini :

1.      Pilih Memoar, Autobiografi Atau Biografi?

Cara Menulis buku tentang kisah hidup

Apa sih perbedaan memoar, autobiografi maupun biografi?

Jadi memoar adalah sebuah kenang-keangan atau cuplikan kehidupan yang berkesan dari penulis yang dituangkan dalam cerita.

Sedangkan biografi adalah kisah perjalanan hidup seseorang yang dituliskan oleh seorang ghost writer.

Kalau autobiografi merupakan kisah perjalanan hidup seseorang yang ditulis oleh tokoh utama pada buku tersebut.

Jadi, antara memoar dengan autobiografi maupun biografi perbedaannya terletak pada rentang waktu kehidupan yang ditulis dalam buku. Memoar lebih singkat dan padat daripada biografi maupun autobiografi.

Nah, jika sudah tahu perbedaannya, putuskan Kamu mau memilih yang mana 😉

Kalau Kamu punya pengalaman kehidupan yang bisa menjadi sumber pelajaran untuk orang lain, Kamu bisa menuliskan biografi atau memoar.

Namun bila Kamu tidak memiliki cukup banyak pengalaman berharga, Kamu bisa menulis untuk tokoh tertentu yang memiliki kiprah. Tentunya Kamu harus memiliki pengalaman menulis yang mumpuni dulu sebelum mengerjakan sebuah biografi.

2.      Menentukan Tema Besar Dari Buku

cara menulis buku tentang kisah hidup

Setiap buku memang harus memiliki tema, demikian juga dengan buku yang menceritakan tentang kisah hidup.

Tema-tema buku tentang kisah hidup seringkali berkutat pada bisnis, pendidikan, motivasi kehidupan, mistis, kehilangan masa lampau, kehidupan sehari-hari, teknologi dan lain-lain.

Kamu mau nulis kisah hidup yang bertema apa nih?

Pilihannya tentu disesuaikan dengan kehidupan yang kamu jalani selama ini ya atau kehidupan orang yang akan kamu tuliskan dalam buku.

3.      Tentukan Target Pasar

Cara Menulis Buku Tentang Kisah Hidup

Menentukan target market bisa dilakukan sebelum menulis buku.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pasar yang akan membeli bukumu apabila sudah jadi nantinya.

Kamu juga bisa melakukan riset tentang hal-hal apa yang dibutuhkan orang pada pasar tersebut.

Jadi, ketika bukumu nanti sudah jadi, orang-orang bisa menemukan solusi masalahnya di bukumu

Bisa deh segera di tentukan 😊

4.      Tentukan Nilai Utama Dari Buku

menulis kisah tentang hidup

Menulis tentang kisah hidup berarti menawarkan nilai apa yang bermakna di hidup untuk bisa dipelajari oleh orang lain.

Kebanyakan buku yang bercerita tentang kehidupan selalu menawarkan nilai yang bermakna.

Nilai yang disajikan pada buku menumbuhkan perasaan terkesan, terinsipirasi hingga pelajaran berharga untuk bisa diterapkan di kehidupan.

Sebegitu pentingnya nilai dalam buku yang bercerita tentang kisah hidup hingga seringkali dijadikan sebagai headline atau judul pada buku.

5.      Buat Outline Dan Mulai Menulis

Menulis Buku Tentang Kisah Hidup

Setelah menentukan banyak hal, terakhir mulailah membuat outline tulisan.

Poin-poin apa yang akan Kamu ceritakan dalam tulisan susunlah secara terstruktur.

Bisa juga dibuat dengan gaya penceritaan yang epik agar dapat mengambil emosi pembaca.

Gunakan gaya bahasa bercerita agar lebih mudah dipahami pembaca.

Tidak perlu terpaku pada data-data yang kaku, cukup kembangkan tulisan dengan mengalir.

Gimana, bisa kan?

Dicoba dulu deh 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *