Youtube

Mengoptimasi Thumbnail dan Judul di Youtube Channel

Tahu nggak sih, kalau videomu di Youtube bisa naik hanya dengan mengganti judul dan thumbnailnya aja lo? Sebelum itu, kamu perlu tahu...

Written by Fitria dan Nanda · 1 min read >
Mengoptimasi Thumbnail dan Judul di Youtube Channel

Mengoptimasi Thumbnail dan Judul di Youtube Channel

Tahu nggak sih, kalau videomu di Youtube bisa naik hanya dengan mengganti judul dan thumbnailnya aja lo?

Sebelum itu, kamu perlu tahu bahwa ada 5 faktor yang mempengaruhi sebuah video menjadi viral di Youtube. Apa saja?

  • CTR (Click Through Rate): seberapa sering penonton menonton videomu setelah melihat tayangan thumbnail di Youtube.
  • Watch Time: adalah berapa menit orang menonton video yang kamu upload.
  • Audience Retentionberapa banyak videomu yang ditonton oleh penikmat Youtube. Faktor ini juga menunjukkan kapan mereka mulai berhenti menonton. Mengetahui kapan mereka berhenti menonton dapat memberimu insight baru kenapa mereka berhenti.
  • Session Time: seberapa lama orang tersebut dari masuk ke aplikasi Youtube kemudian mulai menonton video yang kamu upload.
  • Audience Engagement: adalah like, komentar, share yang ada di video yang kamu upload.

————-

Umumnya ketika kamu mengupload sebuah video, ada 2 kemungkinan yang terjadi. Pertama, viewers video melejit melesat. Kedua, viewers video biasa aja. Dua hal ini dipengaruhi oleh CTR dan Watch Time. 

CTR dipengaruhi oleh thumbnail dan judul yang kamu buat. Nah CTR yang bisa membuat video menjadi viral wajib bernilai lebih dari 5%. Jadi kalau videomu viewersnya masih sedikit, coba ubah bagian thumbnail dan judul.

Cara Membuat Thumbnail dan Judul

Lalu bagaimana cara buat thumbnail yang bagus supaya CTR nya >5%?

Nggak ada thumbnail yang baku. 

Supaya tahu apakah thumbnail itu menghasilkan CTR >5% atau tidak, kamu wajib mengetestnya terlebih dahulu. 

  1. Tes jadikan thumbnail
  2. Biarkan thumbnail terpublish selama 12 jam
  3. Cek, bila >5% maka biarkan
  4. Bila <5% maka catat ciri-ciri thumbnail itu, kemudian ubah lagi dan lakukan tes kembali

Tetapi ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam membuat thumbnail, seperti:

  1. Thumbnail harus bisa memainkan emosi dan membuat penasaran
  2. Masing-masing thumbnail mempunyai gaya tersendiri.
  3. Tulisan di thumbnail nggak perlu dicantumkan di judul

Kalau judul video harus yang seperti apa?

Judul videomu harus mengandung keyword, sesuatu yang trending ataupun menggugah emosi. Emosi bukan berarti hanya marah saja ya, ada juga emosi yang membuat sedih, gemas dan kesal. Berikut contohnya:

membuat penasaran karena trending (1)

So, coba cek analytic videomu, siapa tau CTRnya kecil sehingga viewersnya makin nyungsep.

Kalau kamu ingin tahu tentang cara mengoptimasi Youtube channel lainnya, coba cek https://youtubemastery.id/ ya! Khusus hari ini ada diskon 56% dengan menggunakan kode kupon MASTERY di link ini https://youtubemastery.id/ 

Memilih niche ala youtube mastery

Memilih Niche yang Tepat

Fitria dan Nanda in Youtube
  ·   1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *