Youtube

Tips dan Trik Supaya Cepat Monetisasi Youtube ala Youtube Mastery

Kalau belum monetisasi, jangan nyerah dong! Coba deh terapkan beberapa tips ini! Aturan monetisasi dari Youtube adalah bila channel kamu sudah memiliki...

Written by Fitria dan Nanda · 1 min read >
Monetisasi channel

Kalau belum monetisasi, jangan nyerah dong! Coba deh terapkan beberapa tips ini!

Aturan monetisasi dari Youtube adalah bila channel kamu sudah memiliki 4000 jam tayang serta 1000 subscriber. Nah, bila kamu menerapkan strategi dari Youtube Mastery, kamu hanya perlu waktu 40-90 hari aja loh!

Pertanyaannya, “gimana caranya?”

Oke, kaleem. Sebelum itu, kamu perlu tahu dulu apa itu monetisasi, kan? 

Monetisasi adalah mengubah sesuatu yang tidak menghasilkan sehingga menjadi menghasilkan. Istilah monetisasi nggak hanya ada di sosial media (Youtube, Facebook dan Blog) tetapi juga digunakan dalam istilah perbankan loh!

1. Channel Youtube Kamu Wajib Upload Secara Rutin 40 Video Pertama. 

Monetisasi channel

Kenapa harus 40 video? Sebab Youtube menilai adanya tanda-tanda kehidupan di channel tersebut lewat analytic yang muncul. Nah analytic baru muncul jika pemilik channel upload secara berkala. Usahakan untuk melakukan upload secara berkala ya, misalkan kamu terbiasa upload 2 hari sekali, maka usahakan untuk terus upload 2 hari sekali.

2. Buatlah Naskah Videomu.

naskah video monetisasi channel

Naskah akan memudahkan kamu membuat konten, dengan begitu kamu nggak bingung mau ngomong apa di setiap video. Naskah juga akan membuat video semakin terkonsep. Kalau kamu kesulitan membuat naskah video, kamu bisa merekrut script writer secara freelance.

3. Shooting Video Original, Bukan Fair Use

shooting video original

Nggak punya kamera? bisa pakai webcam. Nggak ada webcam? bisa pakai kamera hape. Kenapa harus original? Sebab youtube lebih cepat menilai video yang original.

Apakah menggunakan video fair use nggak boleh? Boleh. Video fair use adalah video yang dibuat dari kompilasi footage-footage dan diberikan dubbing suara. Contohnya seperti gini:

Tetapi lebih disarankan untuk menggunakan video original. Proses dari pengajuan monetisasi sampai diterima akan lebih cepat jika menggunakan video original. 

4. Setelah Publish, Hampir Selalu Ada yang Taking Off

video taking off

Maksudnya taking off apa? Taking off adalah video yang memiliki view lebih dari 10.000. Dari video ini akan mendatangkan subscriber dan watch time yang banyak. Kalau benar-benar nggak ada yang taking off, ini sinyal kamu perlu ganti niche.

Ada beberapa rekomendasi niche yang bisa kamu gunakan untuk mengisi channel youtubemu:

  • Scalable Channel (Teknologi, kecantikan, fitnes, film, kesehatan, diet dan otomotif)
  • Personal Brand Channel (Bisnis, traveling, otomotif, investasi, teknologi)
  • Combine Channel (Kesehatan, film, otomatif, kecantikan teknologi)

5. Ajukan Adsense

adsense

Berdasarkan pengalaman tim Youtube Mastery, monetisasi dengan video yang original hanya membutuhkan waktu 2-3 hari saja loh. Youtube akan mengirimkan email pemberitahuan jika channel youtubemu sudah memenuhi syarat untuk monetisasi.

Jangan lupa diterapkan ya!

Tips Mengembangkan Konten Supaya Bisa Dimonetisasi:

Monetisasi memang gampang-gampang susah, ada kalanya kamu harus memberikan effort lebih. 

  1. Identifikasi keahlianmu dan buat konten yang sesuai dengan passionmu. Dengan membuat konten yang sesuai dengan passion, kamu nggak akan ngerasa tertekan.
  2. Pastikan membuat konten yang original ya. Membuat fair use boleh saja, namun wajib diedit kembali. Coba sesuaikan dengan Youtube Mastery.
  3. Konsisten dalam membuat konten is a must! Jangan sampai kamu hanya membuat konten saat mood doang. Pastikan ada jadwal rutin kamu membuat konten. 

Yuk belajar lebih dalam mengelola channel youtube hingga menghasilkan passive income milyaran rupiah dengan Youtube Mastery 1.0!

Memilih niche ala youtube mastery

Memilih Niche yang Tepat

Fitria dan Nanda in Youtube
  ·   1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *